Asma Pada Anak, Apakah Bisa Sembuh?

Asma pada anak merupakan salah satu penyakit yang sangat dihindari bagi para orang tua, karena ternyata asma pada anak termasuk dalam satu diantara banyak penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit ini hanya bisa ditekan tingkat kekambuhannya dengan berbagai macam perawatan yang dianjurkan oleh dokter.

Anak yang mengidap penyakit asma, biasanya akan rentan terhadap beberapa penyakit seperti radang paru-paru dan masalah saluran pernapasan saat mereka mengidap penyakit flu atau terkena alergi debu. Sehingga bagi anak dengan penyakit asma, harus dihindarkan dari kondisi yang membuat keadaan mereka semakin memburuk.

chat spesialis anak

Apa saja penyebab dari asma yang di derita oleh anak? Apa saja yang bisa dilakukan oleh orang tua agar asma anak tidak terlalu memburuk?

Pada umumnya, penyebab utama mengapa seseorang terutama anak-anak mengidap penyakit asma belum begitu diketahui. Akan tetapi banyak ahli kesehatan yang percaya, bahwa penyebab mengapa seorang anak bisa mengidap penyakit asma adalah karena orang tua atau orang terdekat mereka memiliki kondisi yang sama.

Beberapa penyebab lainnya adalah, karena faktor lingkungan seperti adanya polusi udara di sekar anak seperti asap rokok dan lingkungan yang tidak mendukung udara yang sehat.

Bagi orang yang normal, bernafas merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun bagi orang atau anak yang memiliki penyakit asma, bernafas menjadi hal yang susah bahkan berat untuk dilakukan ketika penyakit mereka kambuh.

Hal ini dikarenakan adanya pembengkakan yang terjadi pada saluran udara dan dipenuhinya saluran tersebut dengan lendir ataupun dahak. Selain itu, bagi anak yang sedang mengalami asma, otot-otot yang ada pada saluran pernafasan akan mengencang dan membuat jalur pernafasan mereka menyempit. Kondisi inilah yang menyebabkan anak susah bernafas sehingga mereka akan mengalami kesulitan.

Nah, bagi para orang tua yang memiliki anak dengan penyakit asma. Sebaiknya hindarkan mereka dari hal-hal yang bisa membuat kondisinya memburuk, sehingga asma yang mereka derita akan kambuh. Apa saja? Berikut informasinya :

  • Hindarkan mereka dari aktivitas yang berat

Aktivitas yang memberatkan mereka akan membuat pernafasan menjadi tidak teratur, seperti olahraga. Bagi anak dengan penyakit asma, sebaiknya hindari olah raga yang bisa membuat pernafasan mereka menjadi sesak dan mudah batuk.

  • Jangan membuat mereka terlalu stres

Ciptakan selalu suasana yang menyenangkan, jangan buat mereka menjadi stres dan memiliki beban pikiran. Hal ini sangat berbahaya untuk kondisinya, karena bisa memicu kesulitan bernafas. Apalagi jika dia mulai merasa panik dengan keadaan yang mengahampiri, bisa jadi asma yang dideritanya akan kambuh bahkan lebih parah.

  • Jaga anak dari infeksi saluran pernafasan

Bagi anak dengan penyakit asma, sebaiknya hindarkan mereka dari berbagai infeksi yang memicu penyakit lainnya seperti flue, infeksi sinus, atau pneumonia. Apalagi di masa pandemi ini, sebaiknya jaga anak agar tetap stabil dan selalu terjaga kesehatannya.

  • Hindarkan anak dari pemicu alergi

Pemicu alegi yang dimaksud di sini adalah debu ataupun debu binatang yang sering menyerang saluran pernafasan. Karena jika tidak, hal tersebut bisa menjadi pemicu asma pada anak menjadi kambuh kembali.

Lalu apa saja yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak terhindar dari paparan-paparan yang membuat penyakitnya kambuh kembali?

  • Lakukan perawatan pertama

Perawatan pertama adalah perawatan yang dilakukan ketika asma pada anak mulai kambuh. Anda bisa meredakannya dengan obat yang biasanya diberikan oleh dokter, dengan begitu jalur pernafasan mereka bisa terbuka dengan cepat.

Ingat, jangan berikan obat yang tidak diresepkan oleh dokter. Karena hal itu justeru bisa membahayakan kondisi si anak. Jika Anda masih ragu, segera chat spesialis anak yang sekarang ini sudah dengan mudah dihubungi melalui aplikasi kesehatan.

  • Berikan perawatan jangka panjang

Perawatan jangka panjang di sini, bukanlah dirawat inap di rumah sakit dalam kurun waktu yang lama. Namun perawatan jangka panjang ini diharapkan bisa membantu penderitanya untuk mengurangi gejala atau tingkat kekambuhan yang mungkin akan dihadapi. Jadi orang tua bisa dengan mudah mengontrol asma anak dengan konsultasi dokter.

Nah, itulah beberapa informasi dari asma pada anak yang perlu Anda ketahui. Jaga kesehatan keluarga dengan selalu hidup bersih dan sehat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>