Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

By | Mei 25, 2018

Ruang tamu yang sempit bukan menjadi halangan untuk bisa merasakan kenyamanan yang maksimal. Hal ini dikarenakan ada banyak cara menata ruang tamu yang sempit untuk memberi kesan luas. Tak hanya luas, dengan trik jitu yang tepat, ruang tamu anda juga akan terlihat rapi, elegan, dan inspiratif tentunya. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat ruang tamu umumnya akan memberikan kesan paling awal mengenai keseluruhan rumah.

Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Terasa Luas dan Nyaman

Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit

Untuk anda yang menginginkan ruang tamu minimalis namun terkesan luas dan nyaman, anda simak saja cara menata ruang tamu yang sempit berikut ini.

Pemilihan Furniture

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam cara menata ruang tamu yang sempit ialah pemilihan furniture, seperti sofa atau kursi. Seperti yang diketahui, perabotan yang satu ini wajib ada di ruang tamu minimalis. Hanya saja, tipe kursi yang dipilih disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila anda sering menerima tamu, ada baiknya anda menggunakan sofa yang dilengkapi bantalan yang nyaman. Lain halnya jika anda memiliki ruang tamu hanya sebagai pelengkap ruang, anda bisa menggunakan kursi rotan.

Pemilihan Warna

Selain pemilihan furniture, anda juga harus melakukan pemilihan warna secara tepat. Dalam hal ini, memilih warna terang pada ruang tamu ialah pilihan paling tepat. Hal ini dikarenakan umumnya ruang tamu yang dibalut dengan warna cat yang gelap cenderung membuat ruangan terasa sempit. Sedangkan warna ruang tamu yang cerah bisa membuat ruangan terasa lebih luas.

Pengaturan Pencahayaan

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sisi pencahayaan pada ruang tamu anda. Perlu diketahui, fungsi pencahayaan di ruang tamu tak hanya untuk mempermudah aktivitas saja, akan tetapi juga akan menghidupkan suasana saat berada di ruang tamu tersebut. Apabila anda banyak menghabiskan waktu dengan berdiskusi maupun membaca buku di ruang tamu, maka pencahayaan lampu terang dengan warna putih adalah pilihan terbaik. Pencahayaan temaran sangat cocok untuk memberi rasa lebih nyaman ketika bercengkerama ataupun bersenda gurau.

Partisi

Supaya ruang tamu anda terasa lebih luas, ada baiknya ruang tamu tidak dilengkapi dengan partisi atau penyekat ruangan. Misalkan saja, ruang tamu yang digabung dengan ruang keluarga supaya terlihat luas. Namun jika anda ingin tetap mengaplikasi penyekat, ada baiknya anda menggunakan penyekat yang tak permanen.

Material Lantai

Alangkah baiknya anda menggunakan material lantai yang hangat serta tak terlalu keras, seperti parket dan vynil. Namun jika anda ingin menampilkan kesan mewah, anda bisa gunakan marmer. Seperti yang diketahui, material lantai marmer sangatlah keras. Namun hal tersebut bisa anda siasati dengan menggunakan karpet. Dengan begitu, anda tetap bisa merasa nyaman di ruang tamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.