Curug Ciomas, Grand Canyon Karawang yang Instagenik

By | Mei 26, 2018

Green Canyon merupakan ngarai yang terbentuk karena erosi tanah yang disebabkan oleh aliran sungai yang mengalir selama ratusan tahun lamanya. Aliran sungai ini menembus gua dengan stalaknit-stalaknit yang dikelilingi oleh bukit bebatuan dan rimbunan pepohonan yang hijau. Tak hanya di Amerika Serikat, Green Canyon ini juga ada di Karawang. Grand Canyon Karawang ini tak kalah menarik dan indah dengan Grand Canyon Amerika Serikat.

Curug Ciomas, Grand Canyon Karawang yang Instagenik

Grand Canyon Karawang ini sebenarnya memiliki nama asli Curug Ciomas. Kawasan wisata Curug Ciomas ini selalu ramai dipadati wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya di musim liburan dan akhir pekan saja, Curug Ciomas ini juga banyak dikunjungi wisatawan di hari-hari biasa. Banyak hal yang membuat Curug Ciomas ini sangat menarik. Selain karena mirip dengan Grand Canyon Amerika Serikat, Curug Ciomas ini juga masih asri dan alami.

Lokasi dan Rute Curug Ciomas

Curug Ciomas berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan – Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kawasan wisata Curug Ciomas ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Bagi anda yang ingin menuju Grand Canyon Karawang ini, anda bisa mengarah ke tol Karawang Barat. Sekitar satu km sebelum masuk gerbang tol, anda ambil arah kiri untuk berbelok ke kanan melalui kolong jembatan layang menuju Daerah Badami. Setelah itu, anda lanjut ke Loji.

Sebelum anda tiba di Pasar Loji, anda arahkan kendaraan belok ke kanan lalu menelusuri jalan beton. Sesekali anda akan melalui jalanan berbatu. Kurangnya papan petunjuk jalan, ada baiknya anda bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai lokasi Curug Ciomas. Adapun ciri pintu masuk ke titik lokasi Curug Ciomas ini ialah adanya dua warung bambu yang berdekatan dengan jembatan.

Daya Tarik Grand Canyon Karawang

Kawasan wisata Curug Ciomas terbilang cukup panjang, yakni sekitar 100 meter. Di sekitar Curug Ciomas ini terdapat tebing-tebing hijau dengan ketinggian sekitar 10 meter di kedua sisi sungai serta tebing bebatuan. Hal ini membuat Curug Ciomas terlihat sangat indah dan sejuk. Wisata Curug Ciomas ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata alam.

Saat mengunjungi Curug Ciomas, anda bisa menyusuri sungai dengan cara berjalan ataupun berenang. Anda bisa rasakan sensasi air yang jernih dan masih sangat alami. Apabila anda menyukai tantangan, anda bisa terjun ke air melalui tebing yang tinggi. Untuk anda yang tidak bisa berenang, anda bisa menyewa pelampung ataupun ban yang disediakan oleh warga.

Harga Tiket Masuk Curug Ciomas

Anda bisa kunjungi Curug Ciomas ini secara gratis. Pasalnya, pengelola wisata belum mematok tarif tiket masuknya. Curug Ciomas ini sangat cocok untuk liburan murah meriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.