5 Tips Memilih Apartemen Untuk Pemula Yang Baik Sebagai Investasi

By | Agustus 31, 2018

Berikut ini kami informasikan bahwa tips memilih apartemen untuk pemula sangat perlu. Baik sebagai investasi maupun di huni untuk Anda masih pemula. Tidak hanya untuk rumah, umumnya salah satunya sebagai pertimbangan memlilih atau beli apartemen ialah investasi di hari esok. Itu mengapa sekarang ini salah satunya property yang menguntungkan di dalam tempat yang hanya terbatas di Jakarta yaitu dengan beli apartemen.

Agar tidak sedih serta dapat pilih apartemen yang pas untuk investasi menguntungkan di hari esok, semestinya pikirkan banyak hal di bawah ini. Terpenting buat generasi milenial yang sekarang telah melirik usaha di bagian property.

Silakan baca panduan pilih apartemen di bawah ini.

Tips memilih apartemen untuk pemula:

Tips memilih apartemen untuk pemula

1. Tempat apartemen

Kata orang, pilih rumah itu seperti pilih jodoh. Dalam kebiasaan Jawa mesti dijelajahi berat, bibit serta bebetnya. Dengan simpel berat ialah mutunya, bibit ialah keturunannya serta bebet ialah tampilan luar sebagai cermin didalam diri seorang.

Nalar itu sebenarnya juga bisa diterapkan saat pilih apartemen. Contohnya dengan pilih apartemen dengan tempat yang dekat dengan bandara Soekarno Hatta yang pasti strategis. Menelusuri pengembang serta lahannya dan lihat penampilannya di luar seperti arsitektur, design dan fasilitasnya.

Menurut data PT Angkasa Pura II jika jumlahnya penumpang pada tahun 2017 tumbuh sampai 63 juta orang. Walau sebenarnya kemampuan bandara Soekarno Hatta dengan dibukanya Terminal 3 sekarang ini baru sampai 60 juta-an.

Dengan kemampuan 63 juta-an penumpang pada tahun 2017 saja bandara Soekarno Hatta telah merencanakan bangun Terminal 4. Bila terminal 4 telah tuntas dibuat, diprediksikan bandara sebagai salah satunya gerbang masuk kebanggaan rakyat Indonesia ini akan menyimpan sampai 90 juta orang per-tahun.

Apartemen tidak hanya dapat dihuni, juga bisa disewakan. Ditambah lagi sekarang ini telah tersedia banyak aplikasi penyewaan apartemen seperti Airbnb hingga mempermudah menyewakan apartemen pada seorang lainnya tiada penghubung pihak ke-3. Sewa menyewa apartemen dekat dengan bandara sangatlah wajar di beberapa negara maju utamanya buat penumpang yang perlu transit kurun waktu yang lumayan lama.

2. Status tempat apartemen

Sedapat mungkin susuri terlebih dulu status tempat dengan hukum. Beberapa pengembang kadang cuma mempunyai hak konsensi. Hak konsensi ialah hak untuk mengurus tempat serta bangunan dalam periode waktu spesifik. Keuntungan pengelolaan itu dibagi dengan pemilik tempat contohnya dalam hal seperti ini pemerintah atau pihak lainnya.

Keuntungannya mungkin sesaat contohnya masalah akses transportasi, tempat yang strategis ataupun sarana yang komplet. Akan tetapi, bila hak tanah telah habis waktu pakainya karena itu penghuni harus mesti angkat kaki dari apartemen itu apa pun alasannya dengan uang alternatif yang mungkin nilanya tambah lebih rendah dari nilai investasi sebetulnya.

3. Nilai investasi apartemen

Mengkalkulasi nilai investasi apartemen sebenarnya tidaklah terlalu susah kok. Terdapat beberapa sumber yang dapat memberi langkah mengkalkulasi nilai investasi satu apartemen dengan gampang. Bahkan juga beberapa website telah menyiapkan kalkulator kenaikan harga nilai satu property.

Biasanya nilai kapitalisasi satu apartemen itu sekitar pada 7% s/d 12% yang dipastikan dengan beberapa komponen. Contohnya bila dekat dengan bandara serta mempunyai akses spesial jalan masuk ke bandara, karena itu nilai kapitalisasinya akan makin tinggi. Belum juga dihitung dengan beberapa keuntungan seperti dekat dengan tempat hiburan, sarana yang komplet, tempat beribadah, sekolah dan sebagainya.

Buat generasi milenial semestinya mulai pikirkan jika apartemen adalah pola hidup sekaligus juga menjadi salah satunya produk investasi yang menguntungkan. Walau dengan simpel ada rumus berutang dengan bagian seputar 30% untuk angsuran, semestinya malah dialokasikan untuk angsuran yang produktif seperti beli satu tempat tinggal. Walau nanti akan tidak dihuni, tetapi masih tetap dapat jadikan menjadi salah satunya sumber pemasukan pasif yang dapat disewakan pada orang yang lain.

Beberapa apartemen diluar negeri jarang sekali yang mempunyai akses ke bandara dengan cara langsung. Umumnya cuma beberapa hotel eksklusif saja. Karena itu, karenanya ada apartemen dekat dengan Bandara telah jadi nilai plus sendiri karena kemampuan untuk disewakan tambah lebih tinggi. Terpenting di masa digital seperti sekarang ini. Generasi milenial bisa mencari sewa apartemen dapat dijangkau cuma dari genggaman lewat smartphone mereka.

Keuntungan menyewakan apartemen ialah dapat menolong proses angsuran apartemen hingga angsuran tiap-tiap bulannya dapat lebih mudah. Rotasi semacam ini begitu wajar buat investor yang banyak berinvestasi di bagian property terpenting apartemen. Keuntungan yang didapatkan dapat sampai pada 10% s/d 30% dari nilai Apartemen yang disewakan.

4. Sarana apartemen

Komponen sarana dalam satu apartemen jadi salah satunya aspek terpenting. Contohnya keamanan 24 jam yang diawasi dengan CCTV juga jadi salah satunya skema keamanan terpenting untuk satu apartemen. Karena, walau mempunyai team unit pengamanan tentu ada banyak blind spot yang butuh dibantu dipantau dengan kecanggihan tehnologi.

Tidak hanya sarana keamanan yang oke, sarana hiburan juga jadi salah satunya basic need yang diperlukan oleh penghuni apartemen saat ini. Contohnya terdapatnya ruangan terbuka hijau, kolam renang, bioskop, super market, food court s/d tempat karaoke hingga dapat jadi tempat bercengkerama bersama dengan rekan maupun ruang keluarga yang tak perlu ribet keluar ruang apartemen karena sarana itu telah terintegrasi dengan tower apartemen.

5. Akses transportasi umum

Akses transportasi sekarang jadi makin gampang karenanya ada service transportasi online. Ditambah lagi sekarang ini telah ada beberapa pilihan transportasi umum menuju Bandara. Selain itu juga fasilitas parkir. Jika Anda memiliki alat kendaraan motor ataupun mobil bagaimana statusnya. Apakah ada tambahan biaya atau tidak. Pastikan juga luas parkirannya, berapa jumlah kendaraan yang masuk.

6. Cocokkan dengan kebutuhan

Saat akan beli apartemen, Anda mesti dapat menyesuaikannya dengan keperluan bukan karena kemauan. Pada apartemen terdiri jadi 3 type yakni apartemen tiada mebel, semi mebel atau penuh mebel. Diluar itu ada pula yang terdiri berdasar pada dari sisi ukuran. Ada yang ukuran studio, kamar 1 sampai luxury (lebih dari 3 kamar). Janganlah memercayakan gengsi akan tetapi cocokkan dengan keperluan supaya keuangan Anda masih sehat.

7. Usia bangunan

Pikirkan juga umur bangunan yang bisa menjadi apartemen Anda. Bila Anda beli apartemen second, dianjurkan supaya tidak pilih apartemen yang bangunannya telah sangat tua, karena bangunan tua membutuhkan cost perawatan yang semakin banyak.

8. Sertifikat bangunan

Janganlah lupa tentang sertifikat seperti Hak Untuk Bangunan (HGB) yangd dipunyai oleh developer, surat izin prinsip, surat Izin Membangun Bangunan (IMB) serta Surat Izin Pemakaian Peruntukkan Tanah (SIPPT). Janganlah lupa teliti juga sertifikat yang nanti akan Anda terima yakni Sertifikat Hak Unit Rumah Susun (SHSRS).

9. Pikirkan operasional harian

Salah satunya ketidaksamaan tinggal di apartemen serta didalam rumah biasa ialah tentang cost operasional harian. Dari mulai ada penambahan cost laundry (karena tidak ada ruangan jemur), cost untuk beli air minum, gas, masalah tanda telephone, persoalan internet, surat cuma diantar s/d mail box serta resiko bila berlangsung kebakaran atau gempa bumi. Oleh karenanya, yakinkan di mana letak tangga darurat serta yakinkan tangga itu mempunyai pintu keluar, tidak ditutup mati oleh teralis.

10. Rekam jejak developer

Bila Anda beli satu apartemen, Anda 100% tergantung pada developer. Banyak masalah bangunan apartemen yang ditinggal terlantar karena developer memiliki masalah. Anda bisa mencari tahu kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Semua Indonesia (APERSSI).

Yups, itu saja yang ingin saya berikan di artikel tips memilih apartemen untuk pemula yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.